Modifikasi Cap Ply Up/Down Jointless Pada Mesin Building DRB O1 Plant PCR PT D
Abstrak
Intisari - Proses produksi tidak selalu menghasilkan produk yang sesuai standar yang berakibat scrap pada material termasuk pada proses pembuatan ban. Salah satu proses pembuatan ban adalah proses building. Proses building adalah menyatukan semua material pembentuk ban seperti tread, steel belt, ply dan bead untuk dijadikan ban setengah jadi (green tire). Scrap yang terjadi pada proses pembuatan green tire mesin DRB O1 salah satunya disebabkan karena unit cap ply jointless yang berfungsi sebagai transfering jointless ke BT drum. Jointless digunakan untuk mengikat steel belt. Desain awal cap ply jointless menggunakan bushing sebagai bantalan untuk menggerakkan mekanis body cap ply naik dan turun yang berpotensi menyebabkan cap ply jointless goyang dan mempengaruhi ketidakteraturan pemasangan jointless pada BT drum sehingga menimbulkan scrap. Scrap yang dihasilkan ini berupa scrap strip jointless sebanyak 41,16 kg dan scrap conicity tire sebanyak 60 tire. Data scrap diambil pada 20 hari sebelum modifikasi alat.
Penelitian yang dilakukan adalah memodifikasi gerak mekanisme unit cap ply jointless. Modifikasi yang dilakukan adalah mengubah sistem kerja yang sebelumnya menggunakan bushing menjadi pneumatik secara menyeluruh untuk mengurangi scrap yang diakibatkan karena kesalahan pada saat pemasangan jointless yang tidak sesuai dengan standar.
Modifikasi telah berhasil dilakukan di mesin DRB O1 dengan pemasangan silinder pneumatik bertekanan angin 5 bar dan dapat bekerja dengan baik untuk proses produksi. Hasil modifikasi mampu menurunkan scrap sebesar 6,9% untuk scrap strip jointless dan 46,3% untuk scrap conicity tire. Biaya investasi modifikasi sebesar Rp14.958.966,00 dengan keuntungan setelah modifikasi sebesar Rp17.001.041,00. Sehingga, payback period dapat tercapai dalam 27 hari.